Universal Serial Bus atau disingkat dengan USB merupakan salah satu bagian penting dalam dunia teknologi saat ini. USB adalah standar bus serial pada perangkat penghubung seperti PC/Laptop, Smartphone dan stik gaming. Dengan USB, kita bisa melakukan transfer, menyalin data ataupun menambah suatu peralatan dengan menghubungkan suatu perangkat ke perangkat lainnya.

Saat ini, USB berada dalam era generasi 3.2 dimana kita bisa transfer data lebih cepat dari sebelumnya. Sejak pengumumannya pada bulan September 2017, USB ini akan menjadi produk generasi terbaru dengan beberapa peningkatan. USB-IF yang merupakan kelompok organisasi pengembangan USB, mengatakan bahwa teknologi USB 3.2 akan hadir sebagai standar baru di PC tahun ini.

Versi Terbaru USB 3.0

USB 3.2 Generasi Terbaru Akan Segera Hadir Di PC Tahun Ini
Spesifikasi USB 3.2 (Source: Anandtech)

Menurut informasi, generasi terbaru dari USB 3.0 akan mendukung standar baru untuk model Type-C 20Gbps yang akan hadir pada tahun 2019. USB-IF tidak menyebutkan pihak perusahaan mana yang akan ikut serta dalam pengembangan. Dalam hal ini, kemungkinan besar akan ada beberapa pihak yang sudah tidak asing lagi dalam organisasi USB-IF, seperti perusahaan Apple, HP dan Intel.

Rebranding Nama USB 3.0

USB 3.2 Generasi Terbaru Akan Segera Hadir Di PC Tahun Ini
Beberapa nama resmi pada USB 3.2 (Source: Anandtech)

Dengan banyaknya variasi USB sampai saat ini, membuat beberapa pihak kebingungan karena USB-IF sering melakukan rebranding dengan produk mereka sejak USB 3.0. Berdasarkan buku panduan resmi, USB-IF merekomendasikan beberapa nama resmi untuk USB 3.0. Beberapa nama untuk USB versi sebelumnya akan masuk dalam golongan USB 3.2.

USB pertama yang memiliki kecepatan transfer data 5Gbps akan menjadi SuperSpeed USB. Untuk USB kedua dengan kecepatan transfer data 10Gbps akan menjadi SuperSpeed USB 10Gbps. Dan yang terakhir, USB terbaru dengan kecepatan transfer data 20 Gbps diberi nama SuperSpeed USB 20Gbps.

Baca Juga Artikel Berikut!  Ini Dia, 8 Tim Nasional yang Siap Bertanding di PBIC 2018

Dikarenakan USB 3.2 akan banyak digunakan pada spesifikasi sistem yang tinggi, maka kita akan menjumpai USB ini hadir pada PC dengan sistem motherboard kelas atas terlebih dahulu. Perusahan-perusahaan tertentu akan memamerkan produk mereka dengan USB terbaru pada tahun ini. Jadi kita masih harus menunggu sedikit lebih lama karena perlu ada tes kompatibilitas dan sejenisnya. Itu berarti sekitar tahun 2020 produk USB 3.2 hadir pada PC.