TVRI Sulteng
Kondisi OB Van milik TVRI Sulteng yang terseret arus tsunami sampai 100 meter.
Ponimu Nawala Karsa Promo

Pada hari Jumat (28/9) lalu, gempa menghantam Donggala, dan Palu, Sulawesi Tengah. Gempa bermagnitudo 7,7 skala Richter tersebut memicu terjadinya Tsunami setinggi 1,5 meter di sepanjang garis pantai kota Palu.

Stasiun TVRI Sulteng, yang berada tak jauh dari kawasan pantai turut terkena Tsunami. Berdasarkan informasi yang diunggah oleh akun resmi TVRI di Twitter, kondisi stasiun TVRI dalam keadaan rusak. Sebagian puing-puing bangunan stasiun serta yang terseret oleh Tsunami merusak sekitar kawasan stasiun.

Tsunami yang berketinggian 1,5 meter tersebut bahkan menyeret mobil OB Van milik TVRI Sulteng sejauh 100 meter dari lokasi stasiun tersebut. Kondisi yang memilukan juga terjadi di stasiun Pemancar TVRI di Palu, dimana kondisi menara pemancar dalam kondisi miring pasca-gempa yang sangat kuat tersebut.

Video dibawah merupakan kondisi disekitar stasiun pemancar TVRI di Palu, Sulawesi Tengah. Dimana kondisi disekitar stasiun pemancar sudah rata karena Tsunami.

TVRI sendiri saat ini tengah mengerahkan kru liputan dari Jakarta, dan juga dari TVRI Gorontalo. Dua kru liputan ini akan melakukan liputan bersama di kawasan Palu dan Donggala. Hal ini dilakukan untuk mem-backup kegiatan liputan dari Tim TVRI Sulteng.

Baca Juga Artikel Berikut!  Indosiar dan TVRI Tayangkan Bersama Konser Torch Relay Asian Games 2018

Mengenai Gempa dan Tsunami Palu-Donggala

Tsunami dan Gempa di Palu serta Donggala menewaskan setidaknya 832 orang berdasarkan laporan dari Jubir Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Korban tewas saat ini mencapai 11 orang di Donggala.

Selain itu, kondisi di Palu sangat memprihatinkan. Warga setempat melakukan penjarahan ke berbagai tempat komersial di kota, seperti Mall, toko Swalayan, serta Pom Bensin. Pemerintah sendiri dikabarkan akan menanggung semua jarahan tersebut karena dalam kondisi darurat.

Joko Widodo
Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi bencana di Palu, Sulawesi Tenggara (KANTOR STAF PRESIDEN/ksp.go.id)

Pagi tadi (30/9), Presiden Joko Widodo tiba di Kota Palu. Berdasarkan laporan dari Kantor Staf Presiden, Jokowi langsung melaksanakan rapat terbatas setibanya di Bandara Mutiara Sis Al Jufri. Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Rumah Sakit Undata, serta posko pengungsi di Lapangan Vatulemo sebelum ia kembali ke Jakarta.