JAKARTA – Bagi Anda para pengguna Transjakarta Non BRT Rute 5F (Kampung Melayu – Tanah Abang) yang terbiasa bayar ongkos menggunakan uang tunai ketika naik bus, kini sudah tidak bisa lagi menggunakan uang tunai. Sebab, mulai tanggal 24 Desember 2018, PT. Transportasi Jakarta mewajibkan penumpang yang menggunakan layanan tersebut untuk menggunakan kartu elektronik ketika bertransaksi di moda transportasi tersebut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkaOn pelayanan Transjakarta di rute tersebut.

Sebelumnya, pada bulan November 2018, PT. Transportasi Jakarta sudah melakukan sosialisasi berupa penempelan stiker pada kaca bus kepada penumpang yang terbiasa menggunakan layanan tersebut. Mulai tanggal 24 Desember 2018, barulah diimplementasikan secara penuh pada rute tersebut. Pantauan tim nawalakarsa.com pada tanggal 10 Januari 2019, mayoritas penumpang sudah memiliki kartu elektronik untuk bertransaksi di dalam bus. Khusus untuk penumpang yang ingin transit / berpindah ke rute 5B (Stasiun Tebet – Bidara Cina), diberikan struk khusus dari Petugas Layanan Bus agar tidak dikenakan biaya tambahan.

Baca Juga Artikel Berikut!  Yuk, Intip Jadwal Terbit Komik Minggu Ini! [14 November 2018]

Kartu elektronik yang dapat digunakan untuk bertransaksi sama dengan kartu yang digunakan saat tap in di Shelter Transjakarta. Yaitu, Flazz BCA, Mandiri e-Money, BNI Tapcash, BRI BrizziJackCard dari Bank DKI, serta kartu Jak Lingko & kartu OK Otrip. Bagi penumpang yang tidak memiliki kartu elektronik ketika naik bus ini, dapat membeli langsung pada Petugas Layanan Bus dengan harga Rp. 40.000 (sudah termasuk saldo Rp. 20.000), ataupun dapat membeli kartu Jak Lingko pada Petugas Layanan Bus, dengan harga kartu Rp. 20.000 (sudah termasuk saldo Rp. 10.000).

Cara bertransaksi menggunakan kartu elektronik di dalam bus yaitu :

  • Penumpang menunggu bus pada plang bus stop yang telah ditetapkan
  • Penumpang naik kedalam bus dan menempelkan kartu pada alat Tap On Bus (TOB) yang tersedia di samping pengemudi dan perhatikan notifikasi yang ada pada alat TOB, apakah transaksi sudah berhasil atau belum

Adapun jalur yang dilalui Transjakarta Non BRT rute 5F yaitu mulai dari Stasiun Tebet, lalu berputar dikolong fly over Kampung Melayu (tidak masuk terminal), Kota Casablanca, Karet, dan berakhir di dekat Tanah Abang Blok C. Rute 5F merupakan rute Non BRT pertama yang dilakukan ujicoba pembayaran dengan cara non tunai.

Baca Juga Artikel Berikut!  Resident Evil 2 ‘1 Shot Demo’ Ada Apa Saja ?