Partai Kirara Indonesia
Hamdan Maulana, 'petinggi' PKI saat Nawala Karsa temui di Comifuro 11
Ponimu Nawala Karsa Promo

Comic Frontier 11 yang diadakan pada tanggal 18-19 Agustus 2018 kemarin, ternyata dihadiri bermacam-macam kalangan. Mulai dari artist yang menjual karya-karya mereka di sana, pengunjung yang memakai bermacam-macam kostum, hingga orang tua yang menemani anaknya menghadiri acara ini juga ada!

Tapi, kali ini kami menemui satu-satunya komunitas yang mengisi community booth pada acara ini. Berlokasi persis di sebelah panggung utama, booth ini diramaikan oleh komik-komik dan beberapa pernak-pernik. Booth apakah itu? Ternyata itu adalah booth dari PKI!

Partai Kirara Indonesia
Para Terduga Anggota Partai Kirara Indonesia Pada Saat Pertemuan Di Comic Frontier 11

TETAPI! Jangan salah paham dulu, ini bukanlah PKI yang kalian pikirkan, tapi PKI singkatan Partai Kirara Indonesia. Partai Kirara Indonesia merupakan komunitas pecinta konten dari majalah Manga Kirara Time, yang merupakan majalah komik yang ada di Jepang. Banyak judul dari majalah ini yang sudah diadaptasikan menjadi anime hingga mereka mempunyai mobile game yang terkenal yaitu, Kirara Fantasia.

Pada LIVE REPORT kami di Comic Frontier 11 lalu, kami berhasil mewawancarai ‘petinggi’ dari Partai Kirara Indonesia yaitu Hamdan Maulana. Bagaimana wawancara tersebut? Simak ringkasan berikut!

Baca Juga Artikel Berikut!  Tepis Isu Hoax, PPI Tiongkok Beri Klarifikasi Kepada Pers.

Mewawancarai Hamdan Maulana Selaku Pengurus Partai Kirara Indonesia

Nah, pada Comifuro 11 kemarin, saya berhasil bertemu dengan Hamdan Maulana selaku ‘pengurus’ dari Partai Kirara Indonesia. Yang pertama kali saya tanyakan kepada beliau adalah jabatannya dalam Partai Kirara, tetapi, ia menyatakan bahwa ia hanyalah admin dari PKI dan bukan pengurus parpol. “Yang pasti bukan ketua Parpol ya, tetapi saya admin-nya,” ujarnya.

Berdasarkan tanggal berdiri fanpage-nya di Facebook, Partai Kirara berdiri pada bulan Mei 2018. Tujuannya, agar para penggemar komik majalah Kirara mempunyai tempat untuk membahas komik tersebut. “Dan tujuan jangka panjangnya mungkin tetap ngumpul aja, lebih panjang gitu, gak ada tujuan jangka panjang yang benar-benar kita targetkan sih.” lanjutnya mengenai tujuan Partai Kirara.

Aktivitas Partai Kirara di Comic Frontier ini cukuplah unik. “Untuk aktivitasnya sih kita hanya memperkenalkan komik-komik manga time kirara yang telah diterbitkan di Indonesia oleh Elex (dan m&c!),” ujarnya saat mengenalkan aktivitas-aktivitas Partai Kirara yang ada kepada jurnalis Nawala Karsa.

Baca Juga Artikel Berikut!  Jelang Asian Games, SCTV-Indosiar Uji Coba Siaran HD
Partai Kirara Indonesia
Tampilan meja pada booth Partai Kirara Indonesia.

Terdapat sejumlah komik, majalah, serta figur yang bertemakan Kirara ditampilkan di Comic Frontier 11 oleh partai ini. Hamdan sendiri merekomendasikan salah satu judul komik yang mereka bawa ke Comifuro, yaitu ‘Hidamari Sketch‘. “Ini tentang persahabatan, dan belajar seni. Nah ini yang saya paling rekomendasikan, walaupun semuanya tetap bagus.” tuturnya saat menjelaskan alasan mengapa ia memilih judul tersebut.

Ia sendiri berpesan kepada seluruh member Partai Kirara untuk terus mendukung para komikus di Manga Time Kirara, dengan membeli buku terbitannya yang asli. “Untuk yang mau gabung, yah silahkan saja. Pesan-pesannya mungkin kalau suka salah satu dari judul-judul manga time kirara, silahkan saja bergabung.” Ucapnya sembari mengakhiri percakapan.

Itu saja wawancara dari kami dengan mas Hamdan Maulana. Memang tidak panjang wawancara dari kami ini, tapi setidaknya mampu memperkenalkan awal dari partai ini. Apakah partai ini akan bertahan lama? Atau cuman iseng-iseng saja? Kita tunggu saja nanti.