Retorikalbis 2019
Retorikalbis 2019

Tiga hari sudah Retorikalbis 2019 terlaksana. Beragam perlombaan serta kegiatan pendukung lainnya menghiasi pergelaran akbar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Kalbis Institute. Tapi, sebelum kita melangkah di hari terakhir yang akan diisi dengan awarding night, kita lihat-lihat yuk pelaksanaan hari pertama Retorikalbis!

Opening Ceremony dan Hari Pertama: Kental dengan Nuansa Nasionalisme!

Sebagai pembukaan rangkaian acara Retorikalbis 2019, digelarlah upacara pembukaan yang diadakan di selasar Kalbis Institute, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh peserta lomba, mahasiswa dan dosen Kalbis Institute, terutama program studi Ilmu Komunikasi.

Retorikalbis 2019: Intip Yuk Keseruannya!

Jika biasanya suatu acara dimulai ketika pembawa acara (MC, Master of Ceremony) tampil, kali ini yang mengawali adalah tari penyambutan. Tarian yang dibawakan oleh D’Venus Kalbis ini adalah Tari Lenggang Nyai, yang merupakan kesenian adat Betawi. Sangat sesuai jika kita melihat tema acaranya.

Retorikalbis 2019: Intip Yuk Keseruannya!

Agenda selanjutnya merupakan sambutan-sambutan. Yang pertama sambutan dari Rektor Kalbis Institute, yang diwakili oleh Wakil Rektor II dan III, Tri Juniarty S.Kom., M.M. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan “penutupan mata kuliah Ilmu Komunikasi”. Tidak hanya itu, beliau juga berharap agar kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses.

Baca Juga Artikel Berikut!  Jessica Veranda Menjadi Karakter Komik?! Ini Dia detectiVe, Komik Baru Di Comico Indonesia

Retorikalbis 2019: Intip Yuk Keseruannya!

Yang kedua adalah sambutan dari Kepala Program Studi Komunikasi Kalbis Institute, Davis Roganda Parlindungan S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa Retorikalbis 2019 merupakan ajang “apresiasi terhadap karya mahasiswa”, khususnya terkait Komunikasi.

Retorikalbis 2019: Intip Yuk Keseruannya!

Yang ketiga sekaligus terakhir, ialah sambutan dari ketua pelaksana Retorikalbis 2019, Christian Kevin Lalalangi Pakan.

Retorikalbis 2019: Intip Yuk Keseruannya!

Selanjutnya, ini dia agenda inti dari acara ini, yakni Seremonial Pembukaan Retorikalbis 2019. Seremonial ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ibu Tri Juniarty S.Kom., M.M yang didampingi Kaprodi Ilmu Komunikasi serta Ketua Pelaksana Retorikalbis 2018.

Perlombaan yang dilaksanakan di Retorikalbis terdiri atas 2 tingkat, yakni untuk SMA/sederajat dan Mahasiswa. Untuk tingkat SMA/sederajat, terdapat lomba News Presenter dan pertandingan futsal. Sedangkan untuk tingkat mahasiswa, ada lomba PR Campaign, Film Pendek, Film Dokumenter, Desain Program TV, dan Digital Advertising. Selain perlombaan, juga ada pertandingan futsal tingkat SMA. Jadi, tunggu apa lagi? Nantikan awarding night Retorikalbis, yang juga akan hadir di Nawala Karsa!