Rien, dalam komik Raruurien. ©2015-2018 Ann Maulina / Krōma

Ann Maulina, Komikus Bandung yang juga Author dari Raruurien, Sebuah judul yang menunjang tema Fantasi Eksperimental untuk komik antologi Krōma sejak 2015, Menyatakan dirinya akan mengambil Jeda.

Mengorbankan yang ada untuk tumbuh

Setelah Raruurien di kontrak oleh HiveWorks, Sebuah penerbit komik dari Amerika sejak 2016 lalu. Raruurien tersiarkan secara Daring melalui raruurien.com dan banyak Pembaca dari Luar Indonesia yang membaca karyanya melalui laman web tersebut.

Namun, Melalui pernyataannya pada tanggal 3 Mei lalu. Ann mengatakan di saat orang sibuk memperkenalkan karya ke khalayak ramai, Dirinya memilih untuk ‘keluar dari zona nyaman’. Walaupun akan ada (banyak) pengorbanan karena keputusan yang matang itu.

Saya akan kembali

Maksud bertolak dari zona nyaman yang diakuinya melalui pernyataan di Patreon sejak 30 April lalu, Ann ingin fokus berkarir sebagai Concept Artist. Untuk proyek gim yang dimana Ann akan terlibat di dalamnya. Dan baginya itu pekerjaan yang langka bagi industri visual di Indonesia. Ia juga ingin serius dalam riset budaya yang akan dilakukannya kini sebagai penunjang. Dan hal itu akan membuat  komik Raruurien yang  berjumlah 2 halaman per minggu berhenti terbit untuk sementara.

Namun, sebagai kompensasi atas hiatusnya komik Raruurien, Ia akan menyajikan Concept Art atau Infografik mengenai Raruurien yang akan terbit dalam 2-4 halaman perbulannya. Ann juga memberi jeda pada aktivitas donasi patronage di dalam akun Patreon-nya.

Pernyataan tersebut membuahkan semangat baru. Karena banyak yang mendukungnya untuk berkarir di jalur lain. Ann menyatakan ia akan kembali untuk Raruurien, setelah pekerjaan barunya di studio gim akan ia lalui dalam 2 bulan ini.

Ra dan Ruu, Anak dari Rien.

Raruurien adalah seri komik yang berfokus kepada Rien. Seorang janda penyihir ahli alkimia yang tinggal di kaki gunung. Bersama anaknya, Ra dan Ruu, Rien membaur dengan warga desa dan menjadi sederhana untuk membatasi kekuatan magisnya.

Raruurien muncul sebagai 1 dari 3 judul komik antologi dari Krōma sejak 2015, sebelum Cast Craft (Dewitri Vitrika) dan Merry and Sherry (Mukhlis Nur). Krōma mendapatkan Pakoban Award 2016 sebagai Kompilasi Terbaik. Dimana Raruurien menyabet TGR Award sebagai Komik Terbaik di tahun 2016 hingga Bronze Award pada Japan’s International Manga Awards ke 10 pada tahun 2017 secara independen.

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI