GAMING – Perusahaan gim Nintendo sedang berada di masa kejayaan berkat salah satu console terbaru mereka yaitu Nintendo Switch. Dengan game-game exclusive dari mereka, tidak heran jika perusahaan tempat lahirnya karakter maskot game Mario masih bertahan dalam persaingan industri game hingga saat ini.

Ada banyak sekali game Nintendo Switch yang sangat populer dan disukai gamers. Mulai dari Legend of Zelda: Breath of The Wild, Super Mario Odyssey, Mario Kart 8 Deluxe dan tentu saja game yang baru rilis bulan Desember lalu yaitu Super Smash Bros Ultimate.

Mario adalah salah satu maskot Nintendo paling terkenal di dunia game.
Mario kembali beraksi di Super Smash Bros Ultimate (Source: Imgur)

Beberapa hari yang lalu, salah satu situs berita Jepang yaitu Nikkei melakukan interview dengan presiden Nintendo ke-6, Shuntaro Furukawa. Dia adalah penerus presiden setelah presiden sebelumnya Tatsumi Kimishima mengundurkan diri.

Dalam interview tersebut, Furukawa memberikan beberapa komentar mengenai risiko dalam industri game, pendekatannya selama memimpin perusahaan, fluktuasi kinerja bisnis dan ketertarikan dia dengan game smartphones.

Risiko Dalam Industri Game

Shuntaro Furukawa menggantikan posisi Tatsumi Kimishima
Shuntaro Furukawa, Presiden Nintendo ke-6

Menurut Furukawa, dalam dunia industri game pasti selalu ada namanya “risiko”. Dia dan seluruh staf developer tidak ingin terlalu berpikir “apa yang harus dilakukan jika gagal?”. Sebagai presiden, Furukawa berusaha sebaik mungkin memberikan fasilitas untuk staf developers game. Dengan begitu, mereka dapat bekerja dengan maksimal dan memberikan hasil yang bagus.

Baca Juga Artikel Berikut!  Ebook Detektif Conan dan 285 Judul Lainnya Siap Hadir Resmi di Indonesia!

Kebebasan Dan Kedisiplinan Harus Seimbang

Meskipun kedengarannya Furukawa terlihat seperti lepas tangan, tetapi faktanya dia sangatlah aktif dan mau memberikan waktunya untuk menjalin komunikasi dengan mereka. Furukawa sering berbagi ide bersama para staf developers dalam berbagai hal demi kemajuan perusahaan. Bagi Furukawa, keseimbangan antara kebebasan dan kedisiplinan sangat diperlukan.

Dibayangi Oleh Masa Lalu

Shuntaro Furukawa fokus demi masa depan Nintendo
Baginya keseimbangan antara kebebasan dan kedisiplinan sangat diperlukan (Source: Giantbomb)

Furukawa menyebutkan bahwa Nintendo Switch merupakan salah satu hasil pengembangan game console dengan pengalaman fleksibilitas. Nintendo ingin memberikan sebuah pengalaman yang unik mengikuti dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi saat ini. Meskipun hal tersebut akan dibayangi oleh kesuksesan Nintendo di masa lalu dan dilemma terhadap inovasi mereka terhadap game console.

Ingin Membuat Lebih Banyak Game Smartphones

Disalah satu wawancara tersebut, Furukawa mengatakan bahwa dia ingin membuat lebih banyak game smartphones. Menurutnya, game smartphones memiliki potensi besar dalam bisnis yang berkelanjutan. Selain itu, Furukawa juga tertarik untuk membuat sebuah taman hiburan dan film yang berisi maskot Nintendo.

Salah satu game untuk smartphones dari Nintendo
Super Mario Run bisa kalian mainkan di smartphones Android dan iOS (Source: Media Wired)

Interview Shuntaro Furukawa dari situs Nikkei ini memperlihatkan kepada kita bagaimana dia memimpin perusahaan game Nintendo dibawah kepemimpinan dia. Tanggapan Furukawa terhadap game smartphones tidaklah salah. Mengingat game smartphones sangatlah menggiurkan untuk industri game.