Kecerdasan Buatan
Presenter virtual dengan kecerdasan buatan pertama di Dunia | Xinhua
Ponimu Nawala Karsa Promo

TIONGKOK – Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah kecerdasan diciptakan ke dalam suatu mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia. AI telah merambah ke berbagai lini kehidupan, seperti di bidang gim, industri, gadget, dan lain-lain.

Dan kini AI telah memasuki lini industri penyiaran. Kantor Berita Tiongkok, Xinhua, telah meluncurkan presenter virtual yang mengombinasikan gambar dan suara dari pembawa berita asli dengan kecerdasan buatan.

Berdasarkan laman Business Insider, Xinhua memperkenal 2 presenter virtual dalam acara Konferensi Internet Dunia kelima di Provinsi Zhejiang. Mereka berbicara dalam Bahasa Mandarin dan yang lainnya berbicara dalam Bahasa Inggris.

Menghemat Biaya Produksi

Dalam pernyataan di situs web mereka, Xinhua mengklaim bahwa penggunaan presenter virtual ini dapat menekan biaya produksi dan meningkatkan efisiensi karena mereka dapat bekerja selama 24 jam di seluruh platform Xinhua.

“Presenter virtual ini resmi bergabung dalam anggota pemberitaan Kantor Berita Xinhua.” Ucap Kantor Berita Xinhua kepada South China Morning Post. “Mereka akan bekerja dengan presenter lain untuk membawa informasi berita yang akurat, tepat waktu, dan berwibawa dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.”

Baca Juga Artikel Berikut!  Jepang Resmi Umumkan Maskot Olimpiade Tokyo 2020

Presenter virtual dikembangkan oleh Xinhua bersama Sugou, operator mesin pencari terbesar kedua di Tiongkok. Berbasis di Beijing, yang melakukan penelitian dan pengembangan AI untuk menciptakan teknologi tersebut. Presenter ini “belajar dari video siaran langsung dirinya sendiri dan dapat membawa teks secara natural seperti presenter profesional,” menurut Xinhua yang dirangkum dari CNN.

Presenter Kecerdasan Buatan yang Masih Belum Sempurna

Dalam sebuah video yang disebarkan oleh Xinhua, kantor berita ini memamerkan debut pertama presenter virtual yang sedang berbicara dalam bahasa Inggris.

Dalam video tersebut, suara dan ekspresi wajahnya mendekati realistis. Namun, suara yang dihasilkan terdengar seperti suara buatan dan ekspresi wajah yang ditampilkan masih kaku. Gerakan bibirnya pun masih agak aneh.

“Halo, kamu sedang menyaksikan program berita berbahasa Inggris,” ucap presenter virtual dalam laporan pertamanya. “Saya akan membawa anda ke pengalaman berita baru.”

Sebelum Xinhua mengklaim presenter virtual pertama di dunia, bukan pertama kalinya dalam media Tiongkok bereksperimen dalam teknologi AI.

Pada tahun 2015, televisi asal Shanghai, Dragon TV mengunakan chatbot XiaoIce milik Microsoft untuk mengantarkan berita ramalan cuaca di program siaran langsung berita pagi. Program AI ini menyampaikan ramalan itu dengan suara wanita “manis”.

Baca Juga Artikel Berikut!  Meliput Gelaran Popcon Asia 2018 Di Hari Pertama

Bagaimana tanggapan anda mengenai presenter virtual pertama di dunia ini, berikan komentar anda di kolom komentar di bawah ini.