PBIC 2018 | Point Blank Zepetto
PBIC 2018 | Point Blank Zepetto
Ponimu Nawala Karsa Promo

Siapa yang tidak kenal dengan game First-Person Shooter atau disingkat dengan FPS yang telah merajai setiap game online yang sering dimainkan di warung internet atau warnet yakni Point Blank. Point Blank telah hadir di Indonesia ini memulai layanan servis gamenya pada tahun 2009 dibawah publisher game yakni Gemscool. Pada 2015, Point Blank di Indonesia mengalami pasang surut, sehingga pada tanggal 30 Juni 2015, Point Blank resmi diluncurkan ulang oleh publisher game baru yakni Garena Indonesia.

Point Blank International Championship atau disingkat PBIC adalah ajang turnamen E-Sports Internasional yang dirancang oleh Zepetto sebagai developer game Point Blank. PBIC dibentuk sebagai bentuk keseriusan Zepetto untuk memberikan kesempatan bagi para tim E-Sports dari seluruh dunia menunjukkan bakat mereka dalam bermain Point Blank di kancah Internasional.

Dikutip dari website Point Blank Zepetto, PBIC memulai debut pertamanya pada tahun 28 Februari 2011 yang diadakan di Korea Selatan dan Zepetto sebagai tuan rumah. Tahun 2018 menandai 10 tahun layanan servis game Point Blank sehingga PBIC 2018 akan diselenggarakan di Korea Selatan, rumah dari developer game Point Blank. Diadakan di Seoul OGN e-Stadium pada tanggal 17 – 18 November 2018 ini akan diikuti oleh tim-tim E-Sports terbaik dari Brasil, Thailand, Indonesia, Turki dan Timur Tengah, Rusia, Amerika Latin, Filipina, dan Taiwan dan memperebutkan uang senilai 55.000 Dolar AS.

Baca Juga Artikel Berikut!  Hari Ini, Siaran Televisi 8K Pertama di Dunia Resmi Mengudara di Jepang!

Tim dari Thailand dan Filipina

Juara Pertama PBTC 2018, SignaturePB | Garena Point Blank Thailand
Juara Pertama PBTC 2018, SignaturePB | Garena Point Blank Thailand

Untuk mencari tim terbaik dari Thailand dalam bertarung di PBIC 2018, Garena Thailand mengadakan turnamen kualifikasi PBIC berskala nasional yakni Point Blank Thailand Championship (PBTC) yang telah diselenggarakan pada 4 September 2018 di GMM Live House, Central World, Bangkok, Thailand. Mempertemukan 4 tim besar yakni Gangrocket by Neolution eSport, Attack All Around, SignaturePB, dan Execute.

Pada pertandingan semifinal pertama Attack All Around melawan Execute, kemenangan diraih oleh Execute dengan skor 1-2. Di pertandingan semifinal kedua antara SignaturePB dan Gangrocket by Neolution eSport, kemenangan telak dicapai oleh SignaturePB dengan skor 2-0. Sampailah pada pertandingan final, SignaturePB melawan Execute. Babak pertama dimulai di map kesayangan pemain Point Blank, Downtown, persaingan terjadi antar 2 tim sehingga menghasilkan kemenangan untuk Execute dengan skor 7-9. Di babak kedua, SignaturePB menyusul untuk mendapatkan poin setelah bermain di map Provence dengan skor 9-8. Babak ketiga, SignaturePB keluar menjadi juara dalam PBTC 2018 dan mewakili negara Thailand dalam bertarung di PBIC 2018 setelah berhasil melawan Execute di map Luxville dengan skor 8-2.

Juara Pertama PBNC 2018, Rascal Gaming | Garena Point Blank Filipina
Juara Pertama PBNC 2018, Rascal Gaming | Garena Point Blank Filipina

Untuk merayakan hari jadi Point Blank Filipina ke 4 tahun, Garena Filipina mengadakan turnamen kualifikasi PBIC berskala nasional yakni Point Blank National Championship (PBNC PH) yang telah diselenggarakan pada 28 Juli 2018 di Techtite E-Sports Lounge, Manila. Rascal Gaming keluar sebagai pemenang PBNC PH 2018 setelah berhasil membantai Tweenty Eighteen dalam laga final dan memimpin negara Filipina dalam pertarungan PBIC 2018.

Baca Juga Artikel Berikut!  Ini Nih, Sembilan Games Yang Akan Dipertandingkan Di SEACA!

Tim dari Indonesia

PBNC ID 2018 | Garena Point Blank Indonesia
PBNC ID 2018 | Garena Point Blank Indonesia

Garena Indonesia mencari tim E-Sports dari seluruh Indonesia dengan mengadakan turnamen kota mulai Juli – Agustus 2018 di 52 kota di seluruh Indonesia, tim-tim yang terpilih di setiap kota akan bertanding dalam turnamen regional yang terbagi 4 grup tiap regional. Tim juara 1 tiap regional yang berhasil melawan pemenang tiap grup akan mendapatkan tiket menuju Turnamen Nasional Grand Final PBNC 2018 dan runner up pertama tiap regional juga akan mendapatkan tiket menuju Turnamen Nasional Grand Final PBNC 2018.

12 tim yang berhasil melewati turnamen regional PBNC 2018 yang diadakan oleh Garena Indonesia, yakni RRQ Endeavour, SOVBnzERXRNSDV, Capcorn ID320, XCN vVv ENSKY-XG, The Prime Resonance PRFS, BOOM ID W4NA87, Juggernaut WR9 AFS, ELITE8_DV, XGATE HRC PRFS WG, 1M NGC HR GIS FLS DV, ALTER EGO, dan LIQUID GRC PRFS akan bertarung dalam turnamen berskala nasional yakni Point Blank National Championship (PBNC ID) yang akan diadakan di Balai Kartini, Jakarta Selatan dengan total hadiah 2,2 Miliar.