Comicsphere 2018
Ponimu Nawala Karsa Promo

SPASIAL, BandungComicsphere 2018 adalah sebuah acara Indie Creator Market yang di gelar di pada tanggal 1 Desember 2018 di Gedung Spasial, Jalan Gudang Selatan 22B, Kota Bandung. Acara ini berfokus pada penjualan karya komik, novel dan zine yang bersifat independen oleh Lingkarya lokal dari kota Bandung maupun dari luar kota Bandung. Total Lingkarya yang hadir untuk mengisi acara tersebut berjumlah 30 Lingkarya dan di antaranya adalah Balon Kata!, Lingkarya Moesia dan Wibuverse.

Acara ini adalah acara yang pertama kali di laksanakan. Walaupun baru pertama kali tetapi antusiasme para pengunjung sangat baik, bisa dilihat dari banyaknya jumlah pengunjug yang datang untuk membeli karya dari booth Lingkarya ataupun hanya untuk sekedar melihat-lihat saja. Selain itu, ada juga sesi artist talk dengan Lingkarya pengisi acara mengenai perkembangan skena kreator indie lokal dan industri kreatif di Indonesia diantara lingkarya yang menjadi narasumber di sesi ini adalah Kroma, dan Wibuverse.

Comicsphere Ramai, Meski “Agak” Tersembunyi di Pusat Kota

Dari segi lokasi venue memang agak sulit unuk di temukan, walaupun memang terletak tidak jauh dari pusat kota Bandung, tetapi bagi para pengunjung yang sebelumnya belum pernah mendatangi area Spasial karena terdapat di wilayah bangunan tua dan dekat pemukiman militer sehingga harus masuk melalui jalan kecil yang relatif cukup tersembunyi ditambah hanya terdapat tanda lokasi venue yang berupa poster kecil yang sulit dilihat dari kejauhan saat berada di Jalan Gudang Selatan.

Baca Juga Artikel Berikut!  Yuk, Intip Jadwal Terbit Komik Minggu Ini! [31 Oktober 2018]

Dilihat dari jumlah lingkarya dengan ukuran dan jumlah booth yang tersedia sebenarnya cukup, terlebih lagi acara ini baru pertama kali dilaksanakan tetapi dengan banyaknya pengunjung yang hadir membuat suana venue menjadi agak berdesakan dan tidak leluasa untuk bergerak, karena lahan yang dijadikan jalan untuk mengakses dari satu booth ke booth lainnya relatif cukup sempit.

Walaupun dengan adanya beberapa kesulitan dalam masalah venue, tidak menjadikan acara Comicsphere 2018 ini sepi pengunjung malahan jumlah pengunjung terbilang cukup ramai, dan juga respon dari para pengunjung dan lingkarya pengisi acara yang hadir sangat positif, semoga untuk tahun-tahun selanjutya acara ini dapat digelar kembali.


Artikel ini dibuat bersama oleh rekan-rekan Biro Bandung Nawala Karsa, yaitu: Muhammad Dzakiy, Rais, dan Gin Gumilang.