Perkembangan dunia Smartphone tiap tahun mengalami peningkatan drastis. Hal ini disertai dengan tingginya tingkat konsumen terhadap Smartphone. Masing-masing perusahaan memameran produk Smartphone mereka dengan fitur-fitur canggih yang bisa membuat tertarik para konsumen.

Salah satu perusahaan dari negeri China yang berfokus ke dunia Smartphone, yaitu Meizu mengumumkan produk baru mereka bernama Meizu Zero pada bulan Januari yang lalu. Smartphone ini memiliki ciri khas yang unik dan sedikit berbeda dari yang lain. Smartphone ini sama sekali tidak memiliki lubang. Itu berarti tidak akan ada lubang cas, ports, lubang speaker, lubang SIM Card ataupun tombol Smartphone.

Tanpa Lubang Ports

Meizu Zero: Smartphone Canggih Masa Depan Tanpa Lubang
Karena tidak memiliki lubang ports, Smartphone ini menggunakan fitur Wireless Charging (Source: Meizu)

Meizu Zero sama sekali tidak memiliki lubang ports untuk melakukan charging pada Smartphone ini. Maka dari itu, perusahaan Meizu memberikan fitur charging Smartphone ini dengan Wireless Charging. Itu berarti smartphone terbaru dari Meizu bisa mengisi daya baterai hingga penuh dengan cepat . Fitur yang sama pada Smartphone pada Iphone dan Samsung.

Tanpa Lubang Speaker

Meizu Zero: Smartphone Canggih Masa Depan Tanpa Lubang
Speaker terletak pada layar (Source: Meizu)

Meizu Zero tidak memiliki lubang speaker bukan berarti smartphone ini tidak bisa menghasilkan suara. Speaker pada Smartphone ini terletak pada layar dengan teknologi mSound 2.0. Fitur speaker pada layar sedang banyak diminati oleh beberapa perusahaan Smartphone dalam beberapa tahun.

Tanpa Lubang SIM Card

Meizu Zero: Smartphone Canggih Masa Depan Tanpa Lubang
Meizu Zero tidak menggunakan fitur SIM Card fisik (Source: Meizu)

Jadi bagaimana dengan lubang untuk memasukkan Sim Card? Meizu Zero menggunakan sebuah fitur bernama eSIM. Fitur ini memiliki program software dimana pengguna harus memasukkan nomor mereka oleh provider SIM card yang sedang digunakan. Ucapkan selamat tinggal dengan SIM Card.

Baca Juga Artikel Berikut!  Pemanasan Antar Klub Terbaik, TVRI Tayangkan Pertandingan Pramusim

Tanpa Tombol

Meizu Zero: Smartphone Canggih Masa Depan Tanpa Lubang
Smartphone terbaru dari Meizu tidak memiliki tombol (Source: Meizu)

Pada umumnya smartphone masih memiliki beberapa tombol seperti tombol volume. Meizu Zero tidak ingin ada celah lubang yang biasa ada pada tombol tersebut. Jadi Smartphone ini menggantinya dengan sensor yang berada di sisi samping.

Fitur Terlalu Canggih, Belum Waktunya Di Indonesia

Meizu Zero: Smartphone Canggih Masa Depan Tanpa Lubang
Smartphone tanpa lubang ini terlalu canggih (Source: Meizu)

Smartphone Meizu Zero ini sangat canggih dengan fitur tanpa lubang. Meskipun begitu, fitur tanpa lubang memiliki kendala sendiri terlebih di Indonesia. SIM Card fisik masih digunakan oleh para penduduk Indonesia. Fitur eSIM Card mengharuskan para pengguna untuk memasukkan nomor kartu mereka ke provider yang sedang digunakan.

Selain dari masalah eSIM Card, Meizu Zero memiliki fitur yang unik dan berbeda dari smarphone lainnya. Dengan fitur tanpa lubang, seperti dalam beberapa tahun kedepan, Smartphone akan berkembang seperti ini. Bisa saja nantinya lebih dari smartphone tanpa lubang.

UPDATE: 7 Maret 2019

Beberapa hari setelah artikel ini terbit, tim NK mendapatkan berita lebih lanjut mengenai smartphone tanpa lubang. Berdasarkan informasi dari Endgadget, Meizu Zero mengalami kegagalan dalam segi marketing. Kegagalan ini terlihat dari rendahnya minat konsumen dan partisipasi orang dalam penggalangan dana yang dibuka oleh perusahaan Meizu untuk project ini. Penggalangan dana pada situs Indiegogo hingga saat ini masih belum bisa mencapai target.

Baca Juga Artikel Berikut!  J-Cafest: Explore Japan, Event Meriah di Akhir Tahun!
Meizu Zero: Smartphone Canggih Masa Depan Tanpa Lubang
Penggalangan dana oleh Meizu di situs Indiegogo

Menurut Jack Wong selaku pendiri dan CEO pada perusahaan Meizu memberikan tanggapannya mengenai penggalangan dana Meizu Zero di forum resmi Meizu.

“Proyek penggalangan dana hanya kekacauan yang dibuat oleh tim marketing. Smartphone tanpa lubang ini hanyalah sebuah proyek yang sedang dikembangkan oleh divisi R&D. Kami tidak pernah bermaksud untuk untuk memproduksinya secara massal.”

Banyak orang merasa pernyataan Jack Wong terlalu blak-blakan dan merasa kecewa. Sikap santai Jack Wong dianggap telah menyalahgunakan penggalangan dana. Dikhawatirkan penggalangan dana ini hanya sebuah celah perusahaan Meizu untuk melakukan sesuatu. Orang-orang merasa lebih baik pengggalangan dana ini harus ditanggapi serius oleh perusahaan Meizu agar mereka benar-benar serius akan mendukung proyek Meizu Zero.