The International DOTA 2 Championships
The International DOTA 2 Championships

Mobile Legend Southeast Asia 2018 yang diselenggarakan di Hall B3 JIExpo, Kemayoran, Jakarta menjadi ajang pertandingan e-sports pertama yang sudah disiarkan langsung di televisi nasional yakni KompasTV pada hari minggu (29/7). Hal ini mengejutkan para warganet dan juga pencinta Mobile Legend.

Pada pertandingan final MSC 2018 menampilkan 2 tim dari Filipina yakni Aether Main versus Digital Devils Professional (DD Pro) Gaming. Kemenangan akhirnya diraih oleh Aether Main secara superior dengan skor 3-0. Sementara dua wakil tim Indonesia, Aerowolf dan Rex Regum Qeon (RRQ).02 hanya tampil untuk berebut posisi ke-3.

Kemenangan Aether Main sebagai Juara 1 MSC 2018 | bolasport.com
Kemenangan Aether Main sebagai Juara 1 MSC 2018 | bolasport.com

Ajang pertandingan game online melalui smartphone ini sukses menyita para pencinta Mobile Legends yang menyaksikan secara langsung di Hall B3 JIExpo. Andy Budiman, Executive Vice Director KompasTV, mengaku sangat puas dengan pertandingan MSC 2018.

Andy Budiman, Executive Vice Director Kompas TV | bolasport.com
Andy Budiman, Executive Vice Director Kompas TV | bolasport.com

“Dengan melihat suasana di venue ini bisa dibilang luar biasa. Meski yang bertanding di final bukan wakil dari Indonesia, tetapi mereka tetap antusias menyaksikan pertandingan hingga selesai,” ucap Andy Budiman yang dikutip dari BolaSport.com.

Penayangan pertandingan MSC 2018 di KompasTV akan menjadi langkah strategis bagi stasiun televisi milik Kompas Gramedia ini untuk merangkul lahan penonton baru, yakni generasi milenial, khusus gamer pencinta e-sports.

“Dalam rangka merangkul generasi milenial, kami harus menyediakan konten yang relevan bagi mereka seperti e-sports,”ucap Andy Budiman, yang dilansir dari BolaSport.com. “Setelah memiliki Stand Up Comedy, e-sports adalah salah satu road map penting Kompas TV.”

Andy Budiman juga mengungkap bahwa target audiens KompasTV yang berkisar 15 tahun ke-atas, membuktikan bahwa tayangan pertandingan e-sports menjadi lahan potensial bagi KompasTV selain Stand Up Comedy, dan juga bentuk dukungan nyata bagi perkembangan olahraga elektronik (e-sports) di era digital modern, khususnya Indonesia.

Baca Juga Artikel Berikut!  Yuk, Intip Jadwal Terbit Komik Minggu Ini! [17 Oktober 2018]

Andy Budiman menuturkan bahwa sebagai langkah berikutnya, KompasTV berkomitmen dalam menayangkan siaran langsung pertandingan e-sports melalui layar kaca dan memperbaiki kualitas penayangannya secara bertahap untuk memuaskan para pemirsanya.

“Kami akan serius di semua cabang e-sports, tidak hanya Mobile Legends,” imbuhnya, terkait pertandingan e-sports yang akan ditayangkan, “Kami masih belajar dan akan terus bereksperimen di bidang e-sports, baik dari sisi broadcast dan lainnya.”

Andy Budiman mengakui setelah penayangan MSC 2018, beberapa ajang pertandingan e-sports, baik tingkat nasional maupun internasional akan kembali ditayangkan oleh KompasTV.

Salah satu yang ajang terbesar e-sports yang bakal ditayangkan KompasTV berikutnya adalah The International: DOTA 2 Championships yang digelar di Vancouver, Kanada, pada 20-25 Agustus 2018. Ini menjadi kabar baik bagi para fans DOTA 2 untuk menyaksikan pertandingan berbagai tim-tim terbaik dari seluruh dunia melalui layar kaca untuk bersaing dalam kompetisi game dengan rekor hadiah terbesar ini.

Jadwal The International Dota 2 Championship 2018 | vpgame.com
Jadwal The International Dota 2 Championship 2018 | vpgame.com

Sumber: bolasport.com dan esports.id

 

Leave a Reply