SEACA
Jokowi dan Rudiantara akan menghadiri SEACA yang diadakan di Mall Taman Anggrek, Jakarta (Gambar: Istimewa)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan membuka kompetisi final electronic sports (e-sports) South East Asian Cyber Arena (SEACA) dan World Electronic Sport Games (WESG) yang akan digelar pada tanggal 17 Oktober sampai dengan 21 Oktober 2018 di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. Kedua ajang berkelas dunia ini akan memperebutkan total hadiah sebesar US$5,6 juta.

South East Asian Cyber Arena 2018 akan mempertandingkan beberapa kompetisi, seperti Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, PlayerUnknown’s Battlegrounds, Point Blank, dan DOTA2.

Babak kualifikasi SEACA 2018 sebelumnya berlangsung pada periode 27 Mei-7 Oktober di 16 kota, yaitu Jakarta, Tangerang, Bekasi, Parung, Bandung, Medan, Bogor, Cirebon, Gresik, Palembang, Bali, Makassar, Purwakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Lampung.

Para atlet game profesional akan memperebutkan total hadiah senilai US$100.000 dalam ajang SEACA 2018. Turnamen final akan berlangsung pada tanggal 19-21 Oktober 2018 di Mall Taman Anggrek.

Turnamen SEACA 2018 sendiri disponsori oleh UniPin eSports, salah satu komunitas gim eSports lokal, dan mendapatkan beberapa developer game besar, seperti Garena, Moonton, dll. Turnamen ini juga menjadi kompetisi internasional pertama yang ditangani oleh UniPin eSports, dengan tujuan memenuhi tingginya antusiasme para atlet eSports di negara-negara ASEAN.

Berbeda dengan SEACA, World Electronic Sport Games (WESG) 2018 merupakan sebuah kompetisi eSports terbesar di dunia yang diadakan oleh Alisports, dan didukung Air Asia, Agri Mind, Beyond, Mogu, Charterprime, UniPin eSports.

Event eSports akbar ini melibatkan partisipan sebanyak 38 negara untuk kualifikasi online, dan kualifikasi final diselenggarakan secara major offline yang melingkupi negara kawasan seperti China, Jepang, Amerika Serika, Kanada, Rusia, Asia Tenggara (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapore, Thailand dan Vietnam) dan lain-lain.

Baca Juga Artikel Berikut!  Yuk, Intip Profil dari Guest Star SEACA dan WESG 2018 (Part 2)

Puncak acara WESG akan berlangsung pada 17-18 Oktober 2018 di Mall Taman Anggrek. Secara total, kegiatan SEACA dan WESG diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 70.000 pengunjung. Kegiatan ini juga menargetkan penonton live stream (tayangan langsung) sebesar 100.000 orang.

Selain Presiden Joko Widodo yang diagendakan akan membuka kedua acara tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara diagendakan akan menutup kegiatan e-sports akbar ini.

Leave a Reply