Jelang Piala Dunia 2018 yang akan dilaksanakan di Rusia, apa saja yang telah dilakukan oleh Transcorp sebagai pemegang hak siar untuk menyambut perhelatan ini?

Piala Dunia 2018 Rusia tinggal hitungan bulan! Semua mata sudah mulai tertuju pada negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin tersebut, berbagai persiapan telah dibuat oleh Pemerintahan Rusia untuk meramaikan acara tersebut.

Tak hanya pemerintahan disana, berbagai pemilik hak siar Piala Dunia sudah mulai menyiapkan berbagai acara dalam menyambut Piala Dunia. Di Indonesia sendiri, hak siar Piala Dunia 2018 dipegang oleh PT. Futbal Momentum Asia. Dan hak siar perhelatan tersebut akan ditayangkan oleh Transcorp, RRI, dan KVision serta Superpass.

Dari keempat media penyiaran tersebut, Transcorp adalah yang paling ‘intense’ dalam mempromosi acara Piala Dunia 2018 ini. Ini dikarenakan media tersebut telah berhasil meraih “cita-citanya” yang telah lama diangankan. Tak heran, dari sekian pemilik hak siar, hanya Transcorp yang paling gencar dalam promosi acara tersebut.

Apa itu Transcorp?

Logo TRANSCORP.svg
Logo Transcorp sejak 15 Desember 2011

Transcorp adalah perusahaan yang dimiliki oleh CTCorp di bidang media, gaya hidup, dan hiburan. Jika kita mendengar kata “Trans”, pasti yang muncul di pikiran kita adalah TransTV dan Trans7. Nah, kedua stasiun televisi tersebut berada dibawah naungan Transcorp.

Perusahaan yang dimiliki oleh Chairul Tanjung ini memegang beberapa stasiun televisi seperti TransTV, Trans7, Cartoon Network Indonesia, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Detik Network, dan MD Corporation.

Tujuan awal dari dibentuknya Transcorp, adalah untuk menjembatani antara CTCorp dengan Kompas Gramedia, dimana pada saat itu CTCorp berencana ingin mengakuisisi TV7 (kini Trans7) dari Kompas Gramedia sebesar 55%. Kini, perusahaan tersebut sudah menjadi rumah untuk berbagai perusahaan yang dimiliki oleh CTCorp, mulai yang dipegang secara penuh berdasarkan kepemiilikan saham, atau bahkan secara parsial.

Apa saja yang telah dipersiapkan Transcorp jelang Piala Dunia?

Sebagai salah satu pemilik hak siar, Transcorp pastinya sudah mulai mempersiapkan segala hal dengan matang untuk menyambut perhelatan sepak bola yang akan diadakan di Rusia ini. Apa yang telah mereka persiapkan?

Dimulai dari sini, Transcorp mengumumkan bahwa mereka akan menjadi Licensed Broadcaster dari Pertandingan Piala Dunia 2018 Rusia pada saat Perayaan Ulang Tahun ke-16 TransMedia serta Ulang Tahun ke-2 CNN Indonesia. Chairul Tanjung selaku pemimpin CTCorp mengumumkan bahwa divisi TransMedia (yang menaungi TransTV, Trans7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Detik, serta TrasVision) akan menayangkan Siaran Piala Dunia yang akan dilaksanakan pada 14 Juni hingga 15 Juli.

Tak hanya itu, Transmedia juga mulai memunculkan logo Piala Dunia Rusia di TransTV serta Trans7 sejak beberapa bulan silam. Dan secara bertahap menerapkan format siaran 16:9 di Siaran Analog dan Digital Terestrial mereka.

Tampilan Siaran Trans7 dengan Logo Piala Dunia disamping

Seperti yang bisa anda lihat, tampilan siaran dari TransTV dan Trans7 jelang Piala Dunia nampak seperti ini. Sebelumnya Logo dari kedua televisi tersebut masih berada dalam Safe Area (4:3). Kini, logo tersebut berpindah ke Full HD (16:9), yang kami duga adalah untuk menyesuaikan tampilan siaran di TransVision serta Terestrial pada saat siaran Piala Dunia nanti.

Trans7 sendiri sudah beberapa kali mengujicoba tampilan siaran ini pada saat Opera Van Java, beberapa hari kemudian, tampilan tersebut menjadi permanen. Berbeda dengan Trans7, TransTV malah terlambat dalam meng-implementasikan tampilan tersebut. Tampilan TransTV baru berubah sebulan kemudian setelah Trans7 berganti tampilan. Tampilannya serupa dengan Trans7, dan tidak ada perubahan signifikan apapun melainkan pengubahan format siaran menjadi 16:9 Full HD dan memindahkan logo mereka ke ujung kanan atas.

Perubahan juga nampak dalam endcap atau bagian penutup acara dari Transmedia, perubahannya nampak seperti ini.

Tak hanya itu, Transmedia juga mengadakan kegiatan offline yaitu “Kampung Piala Dunia”. Acara tersebut bertujuan untuk menyambut Piala Dunia dengan cara menghias kampung dengan hal-hal yang berbau Piala Dunia serta peserta (para penghuni kampung) dapat merekam kegiatan-kegiatan menarik yang dilaksanakan disana.

DUKUHAN NAYU RT/RW 02/30 KEL/DESAKADIPIRO KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA-JAWA TENGAH | Detikcom

Dengan dana warga, rasanya tak akan sia-sia apabila kampung tersebut terpilih sebagai pemenang dari kegiatan tersebut. Tak tanggung-tanggung, hadiah yang diberikan berupa 1/2 Milliar Rupiah! Terdapat 100 Juta Rupiah untuk 10 Kampung terbaik tiap bulannya, dan Grand Prize 250 Juta untuk kampung terbaik pada akhir periode.

Tak hanya itu. Transmedia berencana untuk membuat “nobar” dibeberapa lokasi-lokasi tertentu, yang tentu saja dimiliki oleh Transcorp. Seperti Wendys, Trans Studio, Transmart, dan lain-lain.

Bagaimana? Apa anda sudah siap menantikan World Cup Russia?

TINGGALKAN KOMENTAR ANDA DISINI