Jakarta – Mulai tanggal 23 Januari 2019, jalur 10 Stasiun Manggarai yang merupakan akses penumpang menuju Depok / Bogor / Nambo akan ditutup sementara selama 45 hari. Hal itu dikarenakan adanya pekerjaan konstruksi dengan alat berat yang akan dilakukan di jalur 10 Stasiun Manggarai.

Dilansir dari fanspage facebook resmi Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan pada tanggal 22 Januari 2019 :

“#SahabatDJKA Mulai Rabu (23/1) selama 45 hari kedepan pelayanan KRL menuju Depok / Bogor di jalur 10 Stasiun Manggarai untuk sementara dialihkan di jalur 5, dikarenakan adanya konstruksi dengan alat berat. Para pengguna jasa di Stasiun Manggarai yang akan menuju Depok / Bogor dilayani KRL di jalur 5. Sementara itu, di jalur 5 Stasiun Manggarai juga melayani KRL lintas Bogor / Depok – Jatinegara dan Bogor / Depok – Jakarta Kota. Nantinya Stasiun Manggarai akan dibangun menjadi 3 lantai yang mana akan memisahkan jalur KA Jarak Jauh, KRL, dan KA Bandara. Bagi #SahabatDJKA pengguna krl diharapkan untuk mengatur kembali jadwal perjalanannya sebagai dampak ditutupnya jalur 10 stasiun manggarai, perjalanan krl yang melintas stasiun manggarai akan memakan waktu lebih lama”

PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) selaku operator KRL Commuter Line juga sudah melakukan sosialisasi berupa pembuatan info grafis yang berisikan perubahan jalur Stasiun Manggarai.

Baca Juga Artikel Berikut!  #LombaMemeKY2018 Tuai Kontroversi, KY Minta Maaf
Jalur 10 Stasiun Manggarai Ditutup Selama 45 Hari
Infografis PT. KCI terkait perubahan jalur sementara Stasiun Manggarai (Sumber : Twitter PT. KCI)

Proyek pembangunan Stasiun Manggarai merupakan salah satu dari proyek pengembangan jalur DDT (Double Double Track) lintas Manggarai – Cikarang yang ditargetkan rampung pada tahun 2020.

Stasiun Manggarai akan dibangun berlantai tiga, dengan lantai satu digunakan untuk KRL lintas Bekasi / Cikarang & Kereta Bandara, lantai dua untuk pelayanan penumpang, dan lantai tiga untuk KRL lintas Bogor / Depok serta Kereta Api Jarak Jauh.

Stasiun Manggarai juga nantinya akan menjadi stasiun sentral dan merupakan titik transit antara Kereta Api Jarak Jauh, Kereta Bandara, dan KRL.