spacetoon
Logo Spacetoon (Sumber: FiveA)

Spacetoon, saluran televisi khusus anak-anak yang berslogan ‘Saluran Masa Depan’ ini sudah lama sekali pindah siaran di kanal satelit. Kanal terestrial yang sebelumnya dimiliki Spacetoon sudah di-takeover oleh Indika lewat televisi berjaringan dengan jargon ‘Televisi Masa Kini’ NET.

Lebih dari 5 (Lima) tahun Spacetoon sudah tak lagi mengudara di terestrial UHF atau siaran analog di Indonesia. Tayangan 18 jam penuh dengan konten kartun, anime, dan edukasi ini menjadi primadona di mata anak-anak di sejumlah daerah di Indonesia. Sayangnya, setelah televisi anak tersebut berpindah ke siaran satelit, tak ada televisi yang memegang ‘takhta’ sebagai televisi ramah anak.

Bagi sebagian besar penonton, mereka harus menerima kenyataan dan kekecewaan bahwa Spacetoon tak akan mungkin kembali tanpa mukjizat. Tetapi segelintir orang masih merasa tryhard untuk mengembalikan -atau lebih tepatnya memvandal- Spacetoon, dengan cara mereka sendiri.

Berkembang dari Grup Pertelevisian hingga ke Instagram

Banyak orang ingin Spacetoon kembali. Mulai dari anak SD yang bahkan tidak pernah menyaksikan televisi itu sebelumnya, anak SMA yang hidup bersama dengan Spacetoon pada masanya, dan ada juga lainnya yang terlalu nge-fans dengan televisi anak ini.

Sayangnya, banyak yang menyalahgunakan ‘kegemaran’ tersebut dengan membuat hoax. Berdasarkan riset dari salah satu komunitas pengamat pertelevisian, yang saat ini tidak bisa disebutkan nama komunitasnya, mengaku bahwa setidaknya terdapat lebih dari 50 orang terindikasi memproduksi hoax dalam grup pertelevisian bersama “Dunia TV”, dan mulai menjalar ke sosial media lainnya.

Baca Juga Artikel Berikut!  Indonesian Choice Award, Meriah dan Unik!

Kabarnya, Spacetoon yang sudah lama ‘bersarang’ di satelit akan kembali lagi bersiaran di kanal UHF. Walaupun kenyataannya Spacetoon memang telah kembali bersiaran melalui slot penayangan kartun di KTV (kanal lokal di Jakarta eks-Kompas TV), Ahmad Ikhsan, salah satu dari orang-orang pembuat hoax tersebut nampaknya cukup berani untuk menipu banyak penggemar berat Spacetoon.

Dengan modal internet, kurang lebih 8 (delapan) akun surel dari Google, dan tehnik desain grafis yang ‘cupu’, Ahmad Ikhsan menipu berbagai penggemar Spacetoon Indonesia. Bahkan, Ahmad dengan bohongnya mengakui bahwa manajemen Spacetoon Nasional berbeda dengan Spacetoon Indonesia saat ini.

Mungkin bagi kalian yang mengakses akun @spacetoonnasionalofiicial_id9, akan terheran-heran, mengapa tidak ada postingan sama sekali. Namun, jika kalian mengakses 7 akun Instagram serupa, kalian akan menemukan sedikit remah-remah kebohongan yang dibuat oleh Ahmad.

[HOAX OR FACT] Spacetoon Kembali Bersiaran di Kanal UHF, Benarkah?
Ahmad, lewat salah satu akun Spacetoon palsu itu, mengklaim akan menayangkan DBL Indonesia hingga Olimpiade Tokyo 2020. Yang nyatanya hanya bohong belaka.

Salah satunya adalah ini. Pos ini dibuat pada tanggal 22 Desember 2018, yang Ahmad klaim melalui akun palsunya, bahwa Spacetoon akan segera menayangkan DBL Indonesia musim 2019 dan bahkan akan menayangkan Olimpiade Tokyo 2020! Wow, cukup tidak masuk akal bagi televisi anak sejati untuk menayangkan konten olahraga, bukan?

Baca Juga Artikel Berikut!  [Review Komik Mangamon] Kimagure Orange Road, Saat ESP Terjebak Triangle Love!

Puncaknya adalah ketika akun hoax utama milik Ahmad yang mengklaim bahwa Spacetoon telah memiliki studionya sendiri dan akan segera mengudara. Sayangnya, kami tidak sempat mendokumentasikan hal tersebut. Namun, kami memiliki sejumlah dokumentasi lainnya yang mungkin dapat anda simpulkan sendiri sebagai hoax.

 

Verdict : Spacetoon Indonesia harus Menindak Orang-Orang tersebut!

Sudah menjadi lagu lama apabila kita menemukan banyak hoax mengenai Spacetoon di Sosial Media. Dan nampaknya, pihak Spacetoon masih terkesan ‘tutup kuping’ dengan kondisi yang makin memperburuk citra televisi itu sendiri. Sudah seharusnya, manajemen televisi yang berfokus pada konten tayangan ramah anak tersebut untuk mengambil tindakan tegas secara legal terhadap oknum-oknum yang mengatasnamakan Spacetoon dalam segala hal.

Dan juga, apabila kalian menemukan berita yang belum dapat dipastikan kebenarannya, selalu crosscheck informasi tersebut sebelum kalian sebarluaskan. Sebab, merebaknya hoax kali ini disebabkan oleh euforia para penggemar Spacetoon tanpa melakukan crosscheck terlebih dahulu. Sekian.