Pilpres
Penetapan Penyiaran Debat Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden untuk Pilpres 2019 di Kantor KPU, Jakarta. | kompas.com

JAKARTA – Pemilihan umum serentak tinggal beberapa bulan lagi. Pemilu tahun 2019 kali ini akan berbarengan dengan Pilpres. KPU mulai mempersiapkan beberapa komponen penting untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilu 2019 termasuk debat capres-cawapres.

Hari ini (26/12), Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara Pengundian dan Penetapan Penyiaran Debat Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden untuk Pilpres 2019. Dalam acara tersebut, hadir beberapa Petinggi KPU, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), perwakilan dari Media. Dan juga relawan dari Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi.

Penetapan penyiaran dilakukan dengan cara pengundian perwakilan media yang akan menjadi penyelenggara debat Pilpres. Sebelum melakukan pengundian, KPU sudah terlebih dahulu mengelompokkan lembaga penyiaran menjadi lima kelompok. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan jumlah debat yang akan diselenggarakan sebanyak lima kali.

“Ini sudah kita undi, kelompok stasiun televisi yang akan menyiarkan debat Pilpres 2019,” kata Ketua KPU Arief Budiman di kantornya pada Rabu (26/12) yang dikutip dari tempo.co.

Terpilihnya Penyelenggara Debat Pilpres 2019

Dikutip dari laman kompas.com, TVRI, KompasTV, RTV, dan RRI menjadi penyelenggara debat pertama yang akan digelar pada tanggal 17 Januari 2019. Debat pertama akan membawa tema tentang hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Diselenggarakan di Hotel Bidakara dengan pasangan Capres-Cawapres menjadi pesertanya.

Baca Juga Artikel Berikut!  Dies Irae: Kala Hat-Trick Famili Meneror Gereja di Surabaya

Debat kedua akan digelar di Hotel Sultan dengan tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Diselenggarakan oleh RCTI, GTV, MNCTV, dan iNews pada tanggal 17 Februari 2019, dan debat hanya diikuti oleh Capres.

“Debat ketiga pada 17 Maret 2019, diselenggarakan TransTV, Trans7, dan CNN Indonesia. Akan membahas pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan. Tempatnya di Hotel Sultan, debat yang ketiga hanya diikuti cawapres,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU pada Rabu (26/12)

Debat keempat diselenggarakan oleh MetroTV, SCTV, dan Indosiar. Membawa materi tentang ideologi, pemerintahan keamanan serta hubungan internasional akan menjadi bahasan. Sementara untuk tempat pelaksana, belum ditentukan.

“Debat ke-lima, tvOne, ANTV, BeritaSatu, dan NET TV. Bahas ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri. Jadwal dan tempat akan dibahas pada rakor selanjutnya.” Ujar Arief.