JCafest
Sesi foto bareng antara peserta Cosplay dengan para Juri
Ponimu Nawala Karsa Promo

TANGERANG – Jika biasanya kami kebanyakan kebagian meliput festival kebudayaan Jepang di area Jakarta, maka pada Sabtu (1/12) kemarin, lokasi yang kami datangi sangat berbeda. Festival kebudayaan Jepang satu ini digelar di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), di daerah Serpong, Tangerang Selatan, dan festival tersebut bertajuk JCafest. Mengapa JCafest? Karena acara ini merupakan acara yang dibuat oleh unit kegiatan mahasiswa (UKM) kebudayaan Jepang di UMN, yang juga bernama J-Cafe.

Sesuai dengan tema yang diusung tahun ini, yaitu Explore Japan, JCafest UMN tahun ini menghadirkan banyak ragam kebudayaan Jepang lewat stan-stan dan juga sejumlah workshop, seperti stan workshop karuta (permainan kartu tradisional Jepang), workshop aikido. Terdapat juga stan yang lain, seperti Haikyuu Volleyball Card, dimana pengunjung bisa bermain kartu Haikyuu, atau stan menaruh kertas harapan di pohon bambu.

‘Charity’ dan Aktivitas Lainnya di JCafest

Uniknya, menaruh kertas harapan itu merupakan program charity dari UMN kepada Yayasan Sehati Anak Indonesia (YSAI), yaitu yayasan yang berfokus pada pemberdayaan anak-anak Indonesia yang terkena penyakit kanker dan kelainan darah. Sumbangan dari pengunjung saat mau menggantungkan kertas harapan akan diserahkan untuk YSAI sepenuhnya.

Baca Juga Artikel Berikut!  Merasakan Keseruan Acara Jiyuu Matsuri 2018 Hari ke-2

Tidak hanya pameran atau  stan saja, ada juga pertunjukan di panggung yang terletak di gedung D UMN. Pertunjukannya antara lain adalah kontes karaoke, performance idol dan band, juga ada kompetisi cosplay. Banyak juga para peserta kontes karaoke yang berdandan ala karakter favorit mereka meskipun tidak mengikuti kompetisi cosplay. Hasilnya, penampilan dari mereka boleh dibilang maksimal, bahkan ada juga yang mencuri perhatian penonton karena pilihan kostum atau pilihan lagu mereka.

Mengenal Kebudayaan Jepang di JCafest UMN 2018

Satu hal lagi yang berbeda dari acara ini adalah mereka punya acara mini games. Para pengunjung diperbolehkan untuk bermain di stan-stan permainan yang sudah disediakan, seperti karuta atau tebak gambar. Jika berhasil di salah satu permainan tersebut, pengunjung akan mendapat poin. Poin tersebut bisa diambil di stan poin permainan dan bisa ditukarkan dengan beragam hadiah menarik.

Overall, meskipun acara JCafest tahun ini tidak terlalu ramai, tapi acara tetap dapat berlangsung dengan baik dan meriah. Sampai jumpa di acara J’Cafest berikutnya!