Eir Aoi
Eir Aoi menyanyikan lagu IGNITE | Sony Music Entertainment Records

Siapa yang tidak mengenal lagu anime berjudul ‘Ignite’ yang terkenal karena anime Sword Art Online? Lagu tersebut dinyanyikan oleh Eir Aoi, penyanyi asal Jepang berumur 30 tahun. Memulai debut karirnya pada tahun 2011 dengan single “memoria“, dan sudah berkarir di industri musik Jepang selama 5 tahun.

Di tahun 2016, Eir Aoi melakukan konser terakhir di Nippon Budokan untuk mengumumkan ia akan hiatus selama waktu yang tidak ditentukan dikarenakan masalah kesehatan. Dan di tahun 2018, dia kembali menggetarkan lini industri musik Jepang. Kedatangannya kembali ditandai dengan rilisnya lagu terbaru yang berjudul Yakusoku.

Eir Aoi Hadir di ABU TV Festival Song 2018

ABU TV Song Festival 2018
ABU TV Song Festival 2018 | LPP TVRI

Selain meluncurkan video klip, dia juga akan tampil di ABU TV Song Festival 2018. Acara ini adalah festival musik yang diselenggarakan oleh ABU (Asia Pacific Broadcasting Union) yang merupakan persatuan penyiaran Asia Pasifik. Dimulai pada tahun 2012 di surga bagi para penggemar K-Pop, Korea Selatan. Acara ini telah diadakan di Ashgabat Olympic Stadium, Turkmenistan pada 2 Oktober 2018. Dan diselenggarakan oleh Television, Radio and Cinematography Turkmenistan (TVTM) dengan bantuan Korea Broadcasting System (KBS)

Layaknya seperti Eurovision Song Contest, negara-negara di benua Asia akan berkompetisi menyanyikan lagu terbaik dari negaranya. Eir Aoi dikirim oleh NHK (Nippon Hoso Kyokai)  untuk mewakili negara Jepang untuk berkompetisi, selain Jepang ada 13 negara yang mengikuti acara ini. Diantaranya adalah Indonesia, Malaysia, Korea Selatan, Turki, India, Afghanistan, Hongkong, Afrika, Macau, Kazakhstan, Maladewa, Turkmenistan, Uzbekistan, dan Vietnam.

Baca Juga Artikel Berikut!  Peringati Hubungan Diplomatik, Indonesia - Jepang Hadirkan 'Acara' TV

Dirangkum dari orient.tm, penampilan pertama yang mempesona dimulai oleh kelompok dansa Turkmenistan, dan dilanjutkan oleh penampilan para peserta termasuk Eir Aoi. Penonton menyambut dengan hangat penampilan para peserta dan juga penampilan dari Diaspora Turkmen, Inzhihan Gulmuhammedova, yang menyanyikan lagu ‘My Turkmenistan’. Dan festival berakhir dengan penampilan dari tarian rakyat Turkmenistan “Kushtdepdi” yang merupakan tarian persahabatan dan persatuan

Konser ini akan disiarkan di lebih dari 20 negara di Asia, termasuk TVRI. ABU TV Festival Song 2018 bisa kamu saksikan pada tanggal 28 Desember 2018 pukul 23:30 WIB di TVRI. Jangan lupa menyaksikan penyanyi terbaik dari Jepang maupun Indonesia dalam ABU TV Festival Song 2018 di TVRI.