Super Mario Bros – Hobi bermain game pasti selalu mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Apalagi jika game tersebut adalah salah satu game yang paling disukai. Belum lagi jika game itu dilengkapi dengan bonus yang menggiurkan. Seseorang tidak akan segan bekerja keras demi mendapatkan uang agar bisa membeli game tersebut.

Lain cerita dengan game yang satu ini. Game klasik Super Mario Bros. yang rilis pertama kali di console Famicom atau NES pada tahun 1985 oleh Nintendo baru saja terjual dengan harga lebih dari 1 miliar rupiah. Kok bisa ya? Yuk, kita mulai saja pembahasannya.

Game Paling Bersejarah Dalam Dunia Industri Game

Dijual lebih dari 1 Miliar, Catridge Gim Super Mario Bros. Ini Laku!
Super Mario Bros. adalah game yang sangat legendari dalam dunia industri game (Source: Nintendo)

Super Mario Bros. adalah game milik Nintendo yang rilis pada tahun 1985 pada console Famicom (Family Computer) di Jepang. Lalu satu tahun kemudian, game ini rilis di luar Jepang pada console NES (Nintendo Entertainment System). Super Mario Bros. adalah penerus dari game Mario Bros untuk game Arcade rilis pada tahun 1983.

Ada banyak sekali penghargaan yang telah didapatkan, seperti Video Games terbaik pada tahun 1985 dan salah satu game dengan penjualan tertinggi sebanyak 40,9 juta copy di masanya. Selain itu, Super Mario Bros. menjadi salah satu game yang berperan penting saat insiden jatuhnya nilai pasar industri game pada tahun 1983-1985.

Baca Juga Artikel Berikut!  Fukuhara Tetsuya Umumkan Rencanannya Untuk Granblue Fantasy Di tahun 2019

Dibeli Dengan Harga Lebih Dari 1 Miliar Rupiah

Dijual lebih dari 1 Miliar, Catridge Gim Super Mario Bros. Ini Laku!
Game cartridge Super Mario Bros. (Source: Heritage Auctions)

Seperti yang kaliah ketahui sendiri, game asli yang sudah lama rilis dan memiliki kondisi bagus seperti baru pasti susah sekali untuk didapatkan. Apalagi jika game tersebut rilis pada tahun 1980-an. Beberapa hari yang lalu di salah satu situs lelang di Amerika, telah terjual sebuah game cartridge asli Super Mario Bros. dengan harga $100.150 atau setara dengan 1.4 miliar.

Dijual lebih dari 1 Miliar, Catridge Gim Super Mario Bros. Ini Laku!
Kondisi game cartridge Super Mario Bros. (Source: Heritage Auctions)

Game cartridge Super Mario Bros. ini masih terbungkus dengan kotak yang rapi dan memiliki stiker segel asli milik Nintendo. Itu berarti game ini sama sekali belum dibuka ataupun dimainkan meski sudah berumur lebih dari 30 tahun. Kondisi game klasik seperti ini sangat susah dicari bagi para kolektor.

Satu-Satunya Game Cartridge Super Mario Bros. Dengan Stiker Tertutup

Dijual lebih dari 1 Miliar, Catridge Gim Super Mario Bros. Ini Laku!
Kondisi Super Mario Bros. yang masih bagus dan disimpan dalam sebuah kotak khusus (Source: Heritage Auctions)

Menurut Deniz Kahn, CEO dan salah satu pendiri layanan rating game yaitu Wata Games berkata:

“Super Mario Bros. tidak hanya permainan yang paling dikenal sepanjang masa, game ini menyelamatkan industri video game pada tahun 1985. Dalam hal kelangkaan, popularitas, dan relevansi dengan kolektor, game ini memiliki semuanya. Mario adalah karakter fiksi atau non-fiksi yang paling dikenal di dunia, lebih daripada Mickey Mouse. Super Mario Bros. meluncurkan game terbesar di dunia industri game dan salinan ini adalah satu-satunya contoh tersegel yang diketahui dari rilis pasar uji Nintendo.”

Melihat harga yang bombastis, tidak heran jika para kolektor ingin sekali mendapatkan game cartridge Super Mario Bros. yang legendaris milik Nintendo ini. Apalagi game ini sudah sudah dicari, kondisi dan stiker segel yang masih bagus menjadi nilai ambah nilai plus bagi para kolektor. Harga seperti itu tidak seberapa dengan langkanya game cartridge Super Mario Bros.

Baca Juga Artikel Berikut!  [Comic Frontier 11] Mewawancarai Lintankleen di Comifuro!