MRT Jakarta

JAKARTA – Kabar terbaru datang dari MRT Jakarta. Berdasarkan jumpa pers, MRT Jakarta dipastikan akan menyediakan Kereta Khusus Wanita. Layanan yang sebelumnya telah hadir di KRL Commuterline Jabodetabek ini akan hadir dengan presentase yang sedikit berbeda.

Dikutip dari KAORI Nusantara, dalam gelaran temu jurnalis MRT Jakarta Direktur Utama PT MRT Jakarta (Dirut MRTJ) William Syahbandar mengatakan bahwa Kereta Khusus Wanita tersebut akan diberlakukan pada busy-hour (Jam Sibuk) MRT Jakarta.

MRT Jakarta, yang dipastikan akan beroperasional pada tahun 2019 ini, akan menyediakan KKW tersebut pada pukul 05.30 sampai 09.00 dan juga pada pukul 16.00 hingga pukul 19.00/20.00.

Presentase yang dihadirkanpun juga berbeda dengan KRL Commuterline. Bila KRL Commuterline menyediakan 2 gerbong khusus wanita, MRT Jakarta hanya akan menyediakan 1 dari 6 rangkaian gerbong kereta.

Saat ditanya mengenai lokasinya, Dirut MRTJ William Syahbandar belum dapat memastikannya.

“Kita juga memberikan tempat duduk prioritas di dalam kereta yang sama, belum diputuskan,” tuturnya, dikutip dari KAORI Nusantara.

MRT Jakarta sendiri sudah memasuki tahap akhir pembangunannya. Pembangunannya sendiri sudah sampai 98,1 persen, dengan petugas MRT Jakarta yang sedang disiapkan untuk mengoperasikan sarana dan prasarana yang disediakan. Proses parallel trial run sendiri sedang berlangsung selaam 24 Desember 2018 hingga 26 Februari 2019.