Cartoon Network dan CNN Philippines
Cartoon Network dan CNN Philippines
Ponimu Nawala Karsa Promo

FILIPINA – Pada awal kehadirannya, Pertelevisian di Filipina dimulai dengan kehadiran televisi pertamanya yakni Bolinao Electronics Corporation (BEC) yang didirikan oleh “bapak pertelevisian Filipina”, James Lindenberg pada tahun 1946. Kemudian BEC berganti nama menjadi Alto Broadcasting System (ABS) setelah James bekerjasama dengan Antonio Quirino. Kemudian disusul oleh Chronicle Broadcasting Network (CBN) pada 1956. ABS dan CBN menjadi cikal bakal kehadiran Alto Broadcasting System – Chronicle Broadcasting Network (ABS-CBN) hingga saat ini. Kemudian banyak televisi berbondong-bondong berdiri di negeri Filipina yakni TV5, PTV4, GMA TV-7, UNTV, CNN Philippines, dan lain-lain.

Sejarah CNN Philippines

Berbeda dengan stasiun televisi yang lain, stasiun televisi berita CNN PH di miliki oleh Nine Media Corporation dan bersiaran dibawah jaringan Radio Philippines Network (RPN). Televisi ini adalah pengganti 9TV setelah Nine Media Corporation menandatangani kerjasama dengan Turner Broadcasting System, pemilik nama CNN pada tahun 2014. Hadir dengan beberapa program yang di produksi langsung dari Manila, Filipina yakni Headline News, Newsroom, Network News, Nightly News, dll. CNN Philippines hadir sebagai franchise lokal ketiga di Asia setelah India dan Indonesia.

Baca Juga Artikel Berikut!  Mengenal Kebudayaan Jepang di JCafest UMN 2018

Cartoon Network hadir di TV FTA

Cartoon Network Philippines hadir sebagai bentuk eksklusif yang hanya khusus ditayangkan di Filipina pada tahun 1995. Kemudian hadir pada tahun 2010 sebagai blocking program TV5 Kids presents Cartoon Network‘. Dengan berbagai tayangan kartun seperti Ben 10 series, Courage the Cowardly Dog, dan lain-lain dalam dubbing Bahasa Filipina. Hingga pada tahun 2017, menayangkan We Bare Bears dan The Powerpuff Girls 2016 dan menjadi tahun terakhir Cartoon Network di siarkan oleh TV5.

Kembali hadir di CNN PH

Selama 1 tahun hiatus, kini pada tanggal 1 September 2018 hadir sebagai blocking program melalui jaringan televisi berita milik CNN. Dengan nama ‘CNN Philippines Junior’, Cartoon Network menghadirkan beberapa program baru yakni The Powerpuff Girls, Adventure Time, We Bare Bears, dan Ben 10. Dirangkum dari Facebook CNN Philippines, program Cartoon Network ini juga didampingi oleh program produksi CNN Philippines yakni KidDo dan CNN Philippines Newsroom Junior Edition.

Bagaimana reaksi anda setelah mendengar bahwa televisi berita juga bisa menayangkan kartun yang berfokus pada anak-anak? Sila anda berkomentar di bawah ini.