CNBC Indonesia
CNBC Indonesia, Televisi Berita Bisnis dari Trans Media | CNBC Indonesia

Mulai 10 Oktober 2018, jajaran televisi berita di Indonesia akan diisi oleh pemain baru dari Trans Media yakni CNBC Indonesia TV. Peluncuran CNBC Indonesia TV bersamaan dengan acara pertemuan tahunan International Monetary Fund dan Bank Dunia yang diadakan di Nusa Dua, Bali pada tanggal 8 – 14 Oktober 2018.

CNBC Indonesia hadir atas kerjasama strategis yang dilakukan CT Corp dibawah naungan anak usahanya, Trans Media, dengan CNBC. Dikutip dari detik.com, kerjasama dilakukan pada tanggal 11 Januari 2016. Perjanjian kerjasama CNBC dan Trans Media ditandatangani di Jakarta oleh Mark Hoffman, Chairman CNBC dan Chairul Tanjung, pendiri dan Chairman CT Corp yang merupakan perusahaan induk dari Trans Media.

“Kami senang bisa menyuguhkan keunikan dan kekuatan konten CNBC kepada jutaan masyarakat Indonesia dalam bahasa Indonesia, membuka lebih jauh wawasan keuangan dan bisnis internasional bagi Indonesia sebagai salah kekuatan ekonomi dunia,” ucap Hoffman yang dilansir dari detik.com, Senin (11/1/2016).

Chairul Tanjung menyatakan, “Misi utama dari CNBC Indonesia adalah untuk memfasilitasi pertukaran informasi bisnis global dalam Bahasa Indonesia, memberikan edukasi bagi masyarakat kelas menengah Indonesia, dan memfasilitasi alur pertukaran informasi yang lebih baik dalam rangka pengambilan keputusan bisnis. Hal tersebut diharapkan membantu mewujudkan potensi bisnis dan pasar modal Indonesia untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.”

Layanan CNBC dalam Bahasa Indonesia ini akan menyuguhkan konten-konten berkualitas dari CNBC bagi komunitas bisnis yang saat ini tengah berkembang di Indonesia yang merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara dan populasi terbesar keempat di dunia.

Soft Launching CNBC Indonesia

CNBC Indonesia
Pemimpin Redaksi CNBC Indonesia.com Wahyu Daniel P (kanan) dan Hera F Haryn Pemimpin Redaksi CNBC TV (kiri) saat Soft Launching CNBC Indonesia di Hotel Raffles, Jakarta, Kamis (8/2/2018). | CNBC Indonesia

2 tahun setelah kerjasama CNBC dengan Trans Media, akhirnya CNBC Indonesia resmi diluncurkan pada tanggal 8 Februari 2018 yang diselenggarakan di Hotel Raffles, Jakarta Selatan.

Baca Juga Artikel Berikut!  Yuk, Intip Jadwal Terbit Komik Minggu Ini! [1 Agustus 2018]

CNBC Indonesia adalah plaftorm baru yang bernaung di bawah bendera Transmedia dan berfokus membahas ekonomi dan bisnis. Acara soft launching CNBC Indonesia dibuka langsung oleh Pendiri dan Chairman CT Corp, Chairul Tanjung.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa CT mengungkapkan kehadiran CNBC Indonesia diharapkan bisa menjadi sumber berita ekonomi dan bisnis digital. Hal ini seiring perkembangan teknologi digital yang menuntut informasi yang mudah dan cepat diakses. “Kami CT Corp menghadirkan CNBC Indonesia karena ekonomi berubah dari physically menjadi digital,” kata CT yang dikutip dari detik.com. Kehadiran CNBC Indonesia tidak hanya sebagai sumber berita berupa teks. CNBC Indonesia menghadirkan beragam data ekonomi berupa grafik hingga analisa.

Selanjutnya, pada Oktober 2018 mendatang juga diluncurkan CNBC Indonesia TV yang juga bisa diakses berbagai platform, yakni di TransVision, TV Digital, dan juga termasuk live streaming.

Tak berhenti di situ, pada Februari 2019 CNBC Indonesia juga menjadi platform ekonomi yang tidak hanya sebagai sumber informasi, juga bisa melakukan perdagangan saham hingga surat utang.

CNBC Indonesia
Chaiman & Founder CT Corp, Chairul Tanjung mengahadiri soft launching CNBC Indonesia di Hotel Raffles, Jakarta, Kamis (8/2/2018). | CNBC Indonesia

Dikutip dari cnnindonesia.comCNBC Indonesia dimiliki 100 persen oleh Indonesia, layaknya CNN Indonesia yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Pihak Trans Media membeli lisensi CNBC untuk CNBC Indonesia karena nama CNBC yang sudah mendunia. “100% milik Indonesia sama seperti CNN Indonesia. Yang kita beli dari CNBC Internasional hanya namanya saja. Branding is very important,” tutup CT.

Leave a Reply