BM 2808 AE
Ponimu Nawala Karsa Promo

Akhir-akhir ini, timeline Facebook saya ramai sekali dengan perbincangan mengenai motor Beat Hitam dengan plat nomor BM 2808 AE. Ya, motor plat kota Riau tersebut menjadi viral setelah Danny Nur Ihram kehilangan motor tersebut di parkiran fakultas tempat ia kuliah.

Kira-kira sejak akhir Oktober lalu, ia mulai memposting sejumlah meme mengenai kehilangan motor tersebut di media sosial Facebook.

Saat Nawala Karsa mewawancarai Danny, kami bertanya: Mengapa Danny niat menggunakan meme sebagai sarana untuk mencari motornya yang hilang itu? Ia mengatakan, “Cuma (cara) itu yang ane tahu. Apalagi kepala pusing dan setelah kehilangan juga, ane sangat lelah, dan bahkan ambil absen dua hari kuliah,” ujarnya.

Saat ditanyai mengenai dorongan apa yang akhirnya membuat dirinya membuat meme? Ia menuturkan, “Ini untuk menertawakan hidup ane yang aneh ini,” ujarnya, “lagi happy-happy-nya esok sial, yasudah bikin meme aja buat hibur diri sendiri.” Ia menganggap bahwa kejadian ini sangatlah lucu. “Memang hidup ini lucu, sejujurnya.”

Bagaimana ia bisa membuat meme yang ironis namun juga menarik simpati ini? Kembali, Danny menjelaskan bahwa meme yang ia posting tersebut awalnya hanya untuk menghibur diri setelah kejadian tersebut. Namun, sejumlah orang di friendlist Danny nampak ‘senang’ dengan musibah tersebut (beserta meme-nya). Hingga akhirnya, meme motor BM 2808 AE tersebut viral di Facebook.

Viral di Media Sosial

Keviralan tersebut juga baru disadari oleh Danny tatkala salah satu temannya di Facebook bernama Chivalry Gunawan, men-tag sejumlah teman-temannya untuk membaca meme yang ironis tersebut. Selain itu, keviralan dari meme BM 2808 AE tersebut juga dibantu oleh hadirnya circle atau lingkarya bernama New Order Gaming.

Baca Juga Artikel Berikut!  Ponimu Info: Apa Itu Simulcast dan Apa Bedanya Dengan Streaming?

Danny menuturkan, bahwa New Order Gaming juga turut serta membantu meme ini hingga menjadi viral. Salah satu orang yang ada dalam circle tersebut menurut Danny, adalah Kong Felix, Fizh Tunner, Eskalator, dan masih banyak yang lain.

Media yang Danny gunakan untuk memviralkan kejadian tersebut, adalah menggunakan gambar-gambar lawas dari serial kartun “Tom & Jerry” yang diproduksi puluhan tahun lalu, dan ditambahkan dengan caption yang ironis namun juga memberikan semangat pada setiap pembaca meme tersebut untuk mencari motor Beat warna hitam dengan plat BM 2808 AE tersebut.

Menggalang Dana, Direspon Positif

Karena keterbatasan dana, Danny nekat menggalang dana di Kitabisa untuk membeli kembali motor yang serupa dengan miliknya yang telah hilang.

Dalam waktu empat hari saja, telah terkumpul dana sebanyak 69 persen dari total biaya yang dibutuhkan untuk membeli motor Beat hitam yang serupa dengan motor BM 2808 AE. Donasi tersebut sangatlah bervariasi. Ada yang berdonasi Rp.10.000,- dan bahkan ada yang berdonasi hingga nyaris Rp.600.000,-

Pada saat kami ingin mengakhiri percakapan dengan Danny, kami memberikan ia sedikit kesempatan untuk memberikan pesan kepada sang pencuri motor.

Ia, tentunya tidak melewatkan kesempatan tersebut.

“Kalau lihat meme viral ini, haduh, balikin dong! Itu motor dulu beli bekas juga, bahkan kredit yang dibayarnya juga sendak-sendak. Berani amet maling di Kampus.”

Leave a Reply