akb48 senbatsu election

AKB48 baru saja mengabarkan pengumuman yang mengejutkan. Grup idol arahan AKS tersebut menyatakan untuk tidak mengadakan Senbatsu Election. Belum ada sebab pasti dari manajemen, namun mereka berdalih bahwa “10 tahun adalah waktu yang cukup lama sehingga event ini perlu dihentikan”. Di sisi lain AKB 48 memohon penggemar untuk terus memberikan dukungan mereka terlepas dari keputusan ini.

Begini kira-kira pesan yang ditulis di blog AKB48:

Terima kasih banyak telah mendukung Grup AKB48.

Tahun ini, kami memutuskan untuk tidak melaksanakan Senbatsu Election AKB48, yakni event tahunan dari AKB48 yang telah berjalan selama 10 tahun lamanya.

Grup AKB48 akan bekerja dengan giat untuk menjadi sebuah kelompok yang para penggemar ingin dukung dari lubuk hati mereka.

Kami mengharapkan dukungan yang berkesinambungan dari kalian untuk Grup AKB 48.

Mengenai Senbatsu Election

Senbatsu Election adalah ajang penghargaan tahunan yang dilakukan dengan cara mengajak para penggemar idol group AKB48, SKE48, NMB48, dan lainnya untuk memilih siapa idol terfavorit mereka. Dalam ajang ini, 80 member teratas akan dikelompokkan untuk merilis single maupun video klip.

Baca Juga Artikel Berikut!  CONFIRMED! MRT Jakarta Akan Hadirkan Kereta Khusus Wanita

Anggota HKT48 Rino Sashihara selalu diangkat menjadi pemenang selama empat tahun belakangan. Rino sendiri bakal mengakhiri masa idol-nya pada April ini atau yang sering disebut dengan graduation.

Selain sebagai ajang penghargaan, Senbatsu Election sebenarnya memiliki fungsi utama untuk mengelompokkan member menjadi 5 kelompok.

Kelima kelompok ini ditentukan berdasarkan peringkat mereka: Senbatsu (peringkat 1 hingga 16), Undergirls (peringkat 17 hingga 32), Next Girls (peringkat 33 hingga 48), Future Girls (peringkat 49 hingga 64), dan Upcoming Girls (peringkat 65 hingga 80). Seperti yang sudah dibahas, kelima kelompok ini berhak untuk merilis lagu dalam bentuk single beserta video klip.

Dengan tidak diadakannya event ini, penggemar pun bakal berspekulasi soal pengelompokkan anggota. Apakah akan ditiadakan, atau justru dilakukan dengan metode baru?

Di sisi lain, grup idol cabang Indonesia JKT 48 juga sudah menerapkan Senbatsu Election versi mereka sendiri. Hanya saja event ini disebut Pemilihan Member Single untuk menyesuaikan bahasa dan hanya mengambil 32 member teratas.

Baca Juga Artikel Berikut!  Keren! Penggemar ini Gambar Komi-san di Mobilnya

Pemilihan Member Single terakhir diadakan pada tahun November 2018 lalu dengan tema RE:BOOST. Pada pemilihan ini, Cindy Yuvia memiliki peringkat pertama dengan jumlah suara sebanyak 68.031 suara.