KEMURIKUSA – Di awal tahun 2019 ini, ada banyak sekali daftar-daftar anime yang telah tayang 3 episode. Sebelumnya, salah satu penulis Nawala telah membuat review anime Mob Psycho 100 season 2. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas anime Kemurikusa yang dibuat oleh orang yang paling berpengaruh dalam adaptasi anime Kemono Friends season pertama, yaitu Tatsuki.

Penasaran dengan anime Kemurikusa? Atau masih ragu menontonnya? Daripada bingung, yuk kita mulai saja pembahasannya.

Tatsuki VS Kadokawa

[3-EPISODE REVIEW] Kemurikusa: Bangkitnya Tatsuki Terlepas Dari Bayangan Kemono Friends
Awal kehancuran Kemono Friends tanpa Tatsuki (Source: Youtube)

Sebelum kita mulai, saya akan jelaskan sedikit untuk mengingatkan kepada kalian drama antara Tatsuki dengan perusahaan Kadokawa selaku pihak yang memegang produk Kemono Friends. Secara singkat, Tatsuki beserta tim studio Yaoyorozu dikeluarkan dari jajaran staf anime Kemono Friends season 2. Keputusan Kadokawa ini membuat para fans Kemono Friends marah besar. Setelah kejadian itu, Tatsuki dan studio Yaoyorozu kembali dengan anime baru mereka, Kemurikusa.

Versi Remaster Buatan Tatsuki

Kemurikusa yang sekarang bisa dibilang adalah versi remaster dari karya lama Tatsuki dengan judul yang sama. Masih memiliki karakter dan konsep cerita yang sama hanya ada sedikit perubahan. Kalian bisa melihat langsung perbedaannya dari channel Youtube resmi milik Tatsuki.

Kemurikusa, Versi Gelap Dari Kemono Friends

[3-EPISODE REVIEW] Kemurikusa: Bangkitnya Tatsuki Terlepas Dari Bayangan Kemono Friends
Rin, Ritsu dan para kembar Rina mencoba bertahan hidup di dunia yang telah hancur (Source: Anime Herald)

Menceritakan tentang perjalanan Rin, Ritsu dan para kembar Rina yang mencoba untuk bertahan hidup di dunia yang telah hancur. Mereka bertemu dengan Wakaba, makhluk yang mengaku dirinya adalah manusia. Dengan kekuatan misterius, mereka saling melindungi satu sama lain dari ancaman monster yang dapat membunuh mereka.

Baca Juga Artikel Berikut!  Ternyata, Bocah-Bocah Jepang Juga Suka TikTok!

Terdapat beberapa kemiripan antara Kemurikusa dan Kemono Friends. Anime Kemurikusa lebih menunjukkan aura gelap dibandingkan Kemono Friends yang serba warna-warni, fsugooi dan tanoshii. Kondisi bumi yang hancur, tidak ada tanda-tanda manusia, dan usaha bertahan hidup Rin-Ritsu-Rina menjadi poin penting. Harus diingat, konsep cerita Kemurikusa duluan ada sebelum adaptasi anime Kemono Friends. Jadi kita tidak bisa bilang Kemurikusa adalah copycat atau tiruan dari Kemono Friends.

Misteri di Tiap Episode

[3-EPISODE REVIEW] Kemurikusa: Bangkitnya Tatsuki Terlepas Dari Bayangan Kemono Friends
Ada banyak misteri yang bikin penasaran (Source: Amazon)

Kemurikusa mengambil setting cerita post-apocalyptic dimana bumi telah mengalami kehancuran. Di tiap episode kalian akan melihat banyak misteri di dalamnya, mulai dari asal usul karakter Rin-Ritsu-Rina, makhluk misterius Mushi (Bug) dan Aka Mushi (Red Bug), kabut berwarna merah serta manusia(?) bernama Wakaba. Belum lagi dengan keberadaan tumbuhan misterius yang menjadi makanan pokok bagi Rin, Ritsu dan para kembar Rina. Hal ini membuat para penonton bahkan saya sendiri menjadi penasaran.

Animasi Khas Kemono Friends

[3-EPISODE REVIEW] Kemurikusa: Bangkitnya Tatsuki Terlepas Dari Bayangan Kemono Friends
Tabenaide kudasai…. (Source: Allyouranime)

Tatsuki beserta staff studio Yaoyorozu memiliki ciri khas, dimana mereka selalu membuat anime dengan animasi 3D mirip seperti MMD (Miku Miku Dance). Animasi ini yang mereka gunakan sama saat mereka membuat anime Kemono Friends season pertama. Jadi kalian tidak perlu khawatir dengan naik turunnya kualitas animasi di tiap episode. Dengan tema post apocalyptic, Tatsuki dan Yaoyorozu berhasil membuat dunia Kemurikusa benar-benar terlihat suram.

Baca Juga Artikel Berikut!  "Boku no Hero Academia The Movie : Futari no Hero" Akan Ditayangkan di Indonesia!

Verdict: Jangan Lupa Nonton -na

[3-EPISODE REVIEW] Kemurikusa: Bangkitnya Tatsuki Terlepas Dari Bayangan Kemono Friends
Jangan lupa tonton Kemurikusa -na…. (Source: Sinanime)

Kemurikusa memiliki potensi yang besar dari segi cerita berkat tema post apocalyptic yang menarik. Meskipun baru berjalan beberapa episode, anime ini membuat saya tertarik dan selalu dibuat penasaran. Momen yang sama saat saya pertama kali menonton anime Kemono Friends season pertama. Kalian tidak harus menonton Kemurikusa versi lama karena yang baru ini sudah mencakup semuanya di episode satu dan dua.

Meskipun Tatsuki dan Yaoyorozu masih dibayangi kesuksesan anime Kemono Friends season pertama, anime Kemurikusa memiliki keunikan tersendiri. Jadi saya merekomendasi anime Kemurikusa ditonton musim ini dibandingkan Kemono Friens. Terlebih apabila kalian menyukai anime dengan tema post apocalyptic dan misteri yang dibuat penasaran.